Berita

LPPM STIPRAM Menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi Internal Program Hibah Kosabangsa 2023

                                                                                                                                                                Bantul, (17 November 2023), LPPM Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) program hibah kosabangsa yang sedang berlangsung. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya STIPRAM untuk menilai pencapaian program Kosabangsa yang dilakukan oleh Tim Dosen Pelaksana yang telah menerima dukungan hibah kosabangsa.

Sebelumnya, Dosen STIPRAM berhasil mendapatkan hibah program Kosabangsa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (DRTPM) sebagai tim pelaksana dan didampingi oleh tim dosen dari IST Akprind sebagai Tim pendamping. Program ini fokus pada penerapan teknologi dan inovasi energi terbarukan berbasis marine tourism dan gastronomi tourism untuk pengentasan kemiskinan di Kapanewon Saptosari, Gunungf Kidul, Yogyakarta.

Tim Pendamping dan Tim Pelaksana Program Hibah Kosabangsa ini menjadi fokus utama dalam kegiatan Monev ini, dengan melibatkan Tim Monev yang terdiri dari Kegiatan monev ini dihadiri oleh 2 orang reviewer, yaitu Prof. Dr. drh. Raden Wisnu Nurcahyo dan Dr. Suparni Setyowati Rahayu, M.Si., Tim Pelaksana yang diketuai oleh Chef Dodik Prakoso Eko Heri Suwandojo, S.S.T. Par.,M.M. CHE., Dr. Jussac Maulana Masjhoer, S. Kel., M.Sc., Amalia Febryane Adhani Mazaya, S.Pi., M.Si., Eko Haryanto, S.Par, M.Par., CHE. dan Tim Pendamping dari Dosen IST Akprind, yang diketuai oleh Dr. Suwanto Raharjo, S.T., M.Kom., dengan tim anggota Ir. Waluyo, M.T., Dr. Samuel Kristiana S,T., M.T. dan Kegiatan Monev ini juga tururt dihadiri oleh Bapak Wakil Ketua 1 Bidang Akademik, Bapak Amin Kiswantoro, M.Par, CHE. dan dipantau oleh tim Kepala LPPM Stipram, Kiki Rizki Makiya, S.Psi, MA., Ph.D. dan Kepala Jurnal dan Publikasi ibu Meiana Maulida Hikmawati, MM.  selama proses pelaksanaan Monev Program Hibah Kosabangsa.

Proses Monev berlangsung sekitar 2 jam dalam diskusi yang mencakup beberapa tahapan, termasuk peninjauan program, evaluasi pencapaian target, dan analisis dampak yang dihasilkan. Tim Monev dengan cermat mengevaluasi efektivitas penggunaan dana hibah, transparansi pelaksanaan program, serta dampak positif yang dihasilkan oleh Tim Pendamping dan Tim Pelaksana Program Hibah Kosabangsa.

Hasil Monev ini akan menjadi dasar bagi Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta untuk memberikan rekomendasi dan saran konstruktif kepada Tim Pendamping dan Tim Pelaksana Program Hibah Kosabangsa, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan dampak program hibah kosabangsa yang sedang berlangsung. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi forum berbagi pengalaman dan praktik terbaik antara anggota Stipram, menciptakan sinergi yang lebih efektif dalam implementasi program-program berbasis hibah.

Sebagai penutup kegiatan Monev, diadakan sesi diskusi dan tanya jawab antara Tim Monev, Tim Pendamping dan Tim Pelaksana Program Hibah Kosabangsa, dan peserta lainnya. Diskusi ini memberikan kesempatan bagi pemangku kepentingan untuk bertukar informasi, pemikiran, dan solusi, dengan tujuan meningkatkan kualitas dan keberlanjutan program hibah kosabangsa di masa depan. Melalui pelaksanaan kegiatan Monev ini, STIPRAM menunjukkan komitmennya dalam mendukung pelaksanaan program hibah kosabangsa dengan kualitas yang tinggi. Harapannya, hasil Monev ini dapat menjadi landasan bagi peningkatan kinerja Tim Pendamping dan Tim Pelaksana Program Hibah Kosabangsa dan kesuksesan program hibah kosabangsa yang mereka jalankan.

Tim KKN STIPRAM 49 Tahun 2023 Sosialisasikan Sadar Wisata di Tegal Loegood, Girikerto

Tim KKN Unit 49 Tegal Loegood.

Tim KKN STIPRAM 49 Tahun 2023 bersama dengan kelompok sadar wisata (pokdarwis) Tegal Loegood menggelar Sosialisasi Sadar Pariwisata & Potensi Pariwisata Tegal Loegood pada Kamis, 10 Agustus 2023 pukul 14.00 WIB. Acara diselenggarakan di pendopo Tegal Loegood yang beralamat di Jalan Turgo Ngandong Sukurejo, RT03/RW10, Kemirikebo, Girikerto, Turi, Sleman, dengan menghadirkan narasumber Viona Amelia, S.Pd., M.Sc dan Vina Dini Pravita, S.S., M.Si, CHE yang merupakan dosen-dosen STIPRAM Yogyakarta dengan Lutfi Maulana Hakim, S.IP., M.A yang merupakan salah satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Tim KKN 49 sebagai moderator. Acara dihadiri oleh warga Kemirikebo, Girikerto yang tergabung dalam kelompok sadar wisata dan beberapa perangkat desa serta warga yang memiliki komoditas yang sekiranya dapat dijadikan potensi wisata. Hadir pula Bapak Lukman Hakim dari BRIN serta Ibu Umay dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY yang dalam waktu bersamaan dengan KKN STIPRAM Tahun 2023 ini tengah bekerja sama dengan Tegal Loegood untuk pemanfaatan potensi hutan bambu.

Dibuka oleh Bapak Nanto selaku pegiat wisata di Tegal Loegood, acara berlangsung santai namun tetap serius. Sebagai narasumber pertama, ibu Viona menyampaikan materi mengenai pentingnya sadar wisata di kawasan Tegal Loegood. Selanjutnya, pemaparan disambung oleh ibu Vina Dini yang mengajak masyarakat untuk berdiskusi mengenai apa saja potensi yang bisa dikembangkan lebih lanjut di Tegal Loegood. Beberapa potensi seperti wisata petik salak, omah durian, area airsoftgun, dan sebagainya dielaborasi lebih dalam oleh Bapak Lutfi selaku moderator yang sebelumnya pernah terjun survey lapangan di area Tegal Loegoos. Beberapa contoh-contoh paket wisata pun didiskusikan bersama dengan warga yang nampak antusias. Sesi diskusi semakin menarik dengan tambahan paparan oleh Bapak Lukman dari BRIN dan Ibu Umay dari DLHK DIY, mengenai riset yang tengah dilakukan terkait dengan pemanfaatan hutan bambu yang banyak ditemukan di Tegal Loegood.

Adapun beberapa permasalahan yang ditemukan terkait pariwisata adalah terhentinya kegiatan wisata yang pernah berjalan di Tegal Loegood akibat pandemi covid-19. Aktivitas pasar tradisional yang menjajakan beragam produk UMKM dan jajanan legendaris dari warga sekitar terhenti sejak pandemi, dan terasa sulit untuk memulai kembali.

“Tentunya jika mau memulai kembali, memang diperlukan promosi ya. Perlu untuk menginformasikan ke publik yang dulu sudah sering mampir ke Tegal Loegood untuk menikmati pasar tradisional, bahwa pasarnya akan dibuka kembali pasca pandemi. Jadi harus jelas infonya, pasarnya akan buka kembali kapan, dimana, jam berapa sampai jam berapa, kalau perlu diinfokan sekalian apa saja yang bisa dinikmati di pasar itu. Paling mudah sekarang tentu promosi di media sosial ya,” ungkap Vina Dini dalam sesi tanya jawab dengan warga.

Di akhir sesi, bapak Nanto menutup dengan penyampaian harapan dan tindak lanjut dari kegiatan siang menuju sore ini. “Harapannya pertemuan kali ini menjadi awal silaturahmi kami dengan bapak ibu dosen dari STIPRAM dan ke depannya bisa menjalin kerja sama juga. Yang jelas paparan hari ini, menjadi penambah dan pemantik semangat kami dari pokdarwis Tegal Loegood untuk bisa bangkit kembali,” pungkas Bapak Nanto.

(Tim KKN Unit 49 Tegal Loegood)

Cooking Class “Menggali Potensi Wisata Kuliner di Wedomartani” Berlangsung Meriah

Dalam upaya untuk menggali potensi wisata kuliner di Desa Wedomartani, para mahasiswa KKN Kelompok 31 dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta Periode II 2023 telah menggelar acara Cooking Class yang diadakan dengan penuh antusiasme. Acara yang dipandu oleh Chef Rizky Maulana sebagai narasumber ini berhasil menarik perhatian masyarakat dengan peserta yang antusias.

Pelaksanaan Cooking Class berlangsung pada Minggu pagi, 06 Agustus 2023, dimulai pukul 07:00 WIB hingga selesai, di lapangan Desa Wedomartani, Ngemplak, Sleman yang juga dihadiri oleh perwakilan Kalurahan Wedomartani yaitu R. Rohmad Gunawan H., S. Pd selaku Carik. Kegiatan ini berfokus untuk menggali dan mengembangkan potensi olahan kuliner khas Desa Wedomartani dengan memanfaatkan bahan baku lokal.

Dalam acara tersebut, Chef Rizky Maulana yang juga merupakan dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta dan Alumni Masterchef Indonesia Season 5, berperan sebagai narasumber yang memberikan panduan serta berbagi pengetahuan tentang teknik memasak dan mengkreasiakan olahan kelapa menjadi suatu menu yang modern seperti Klapertart. Novi Irawati, ST., M.Sc., sebagai pembimbing kelompok KKN, menyatakan, “Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama yang erat antara mahasiswa, kelurahan dan masyarakat dalam rangka mengembangkan potensi wisata kuliner berkearifan lokal.”

Menariknya, perlombaan “duplicate dish” juga menjadi bagian tak terpisahkan dari Cooking Class ini. Perlombaan tersebut melibatkan sepuluh peserta yang merupakan masyarakat pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Wedomartani. Dengan bahan baku lokal seperti kelapa, peserta diharapkan mampu menciptakan inovasi hidangan yang unik untuk kedepannya dapat menjadi makanan khas dari Desa Wedomartani.

Proses pelaksanaan perlombaan “duplicate dish” diawasi secara ketat oleh para dewan juri. Peserta diberikan panduan dan petunjuk yang harus diikuti saat memasak “duplicate dish“. Setelah sesi memasak selesai, hasil karya peserta dinilai oleh tiga dewan juri yang berkompeten dalam bidang kuliner. Ketiga dewan juri tersebut yaitu Bapak M. Yustidar Farizqi, S.Par sebagai profesional chef, Ibu Suminem dan Ibu Murti dari PKK Desa Wedomartani. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Wendy Hendra Dewanto, S.E. dan Hendi Prasetyo, SIP., M.Par dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta.

Pemenang dari perlombaan ini akan dipilih berdasarkan kreativitas, higienitas, teknik memasak,cita rasa dan presentasi hidangan.

Dalam wawancara singkat, Chef Rizky Maulana mengungkapkan, “Saya sangat senang dapat terlibat dalam acara ini dan berbagi pengetahuan kuliner kepada masyarakat serta mahasiswa. Ini adalah kesempatan bagus untuk mempromosikan kekayaan kuliner lokal yang sering kali terlupakan.”

Acara Cooking Class “Menggali Potensi Wisata Kuliner di Wedomartani” ini tidak hanya memberikan manfaat dalam pengembangan kuliner lokal, tetapi juga menciptakan semangat kerjasama dan kreativitas antara mahasiswa, masyarakat, dan dunia usaha UMKM. Diharapkan, kegiatan seperti ini akan terus berlanjut untuk mendukung pertumbuhan dan pengenalan kuliner lokal yang kaya akan cita rasa dan budaya. Dan tentu saja melalui pengembangan wisata kuliner tersebut dapat memperkuat branding Desa Wedomartani sebagai Desa Mandiri Budaya.

Penulis : Hendi Prasetyo

Editor : Novi Irawati

Selamat dan Sukses Atas Ditetapkannya Jurnal Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah sebagai Jurnal Terakreditasi Peringkat 4 SINTA

Sehubungan dengan hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2023 dan telah diterbitkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 79/E/KPT/2023, tanggal 11 Mei 2023 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah periode I Tahun 2023, dengan hormat bersama ini kami sampaikan hasil evaluasi untuk terbitan Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah telah lolos dan terakreditasi pada Peringkat 4 mulai Volume 14 Nomor 1 Tahun 2020 sampai Volume 18 Nomor 3 Tahun 2024. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang turut berkontribusi dan mendukung dalam pengelolaan dan pengembangan terbitan Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah. Semoga KJI dapat berkontribusi dalam peningkatan prestasi dan reputasi karya ilmiah, serta menjadi penyemangat bagi pengelola jurnal dalam mendorong peningkatan capaian akreditasi jurnal nasional.

Sebagai informasi, berikut terbitan karya ilmiah yg di kelola oleh LPPM STIPRAM masih menerima artikel untuk publikasi:

1. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, yang dapat di akses melalui http://ejournal.stipram.ac.id/index.php/kepariwisataan

2. Internasional Journal of Tourism, yang dapat di akses pada http://ejournal.stipram.ac.id/index.php/ijt

3. Pringgitan, yang dapat di akses pada http://ejournal.stipram.ac.id/index.php/pringgitan

Untuk registrasi dan submit artikel dapat diakses melalui ejournal.stipram.ac.id

LPPM Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta

Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIPRAM Periode II Tahun 2023

Jumat, 21 Juli 2023, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Program Studi Strata Satu Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta. melakasanakan Kegiatan Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan diruang Auditorium Amartha Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta. Bapak Ketua STIPRAM, Dr. Suhendroyono, SH., MM., M.Par., CHE., CGSP resmi melepas 494 mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan KKN yang disebar di beberapa desa, diantaranya Desa Wisata Krebet, Bantul, Ekowisata Pancoh, Sleman, Desa Wisata Banyubiru, Magelang dan beberapa desa lainnya.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan membimbing langsung kegiatan KKN mahasiswa. Dalam sambutannya, Bapak Ketua STIPRAM menyebutkan bahwa “kegiatan KKN adalah wadah untuk kalian memberikan kontribusi dan manfaat secara langsung kepada masyarakat”. Dalam sambutannya pula, Bapak Ketua berpesan, mahasiswa wajib menjaga nama baik kampus dan menjaga tara krama serta mengikuti aturan dimana mereka ditempatkan.

Kegiatan KKN ini resmi dimulai pada hari Jum’at, 24 Juli 2023 dan akan selesai pada tanggal 20 Agustus 2023. Mahasiswa akan melakukan berbagai kegitan dan program yang sinergi dengan program desa. Sebelumnya, mahasiswa telah melakukan survei lokasi dan diskusi dengan perangkat desa terkait dengan program yang akan mereka laksanakan selama KKN. Pada KKN kali ini, mahasiswa fokus pada program pengembangan destinasi pariwisata, dengan mengembangkan ciri khas masing-masing desa. Diharapkan, program yang mereka lakukan, tidak hanya berhenti pada saat KKN berakhir, tetapi dapat menjadi program yang berkelanjutan.

Tim LPPM STIPRAM Kunjungi Desa Wisata Mulusan, Gunungkidul dalam Rangka Kerjasama Peningkatan Kapasitas Desa Wisata Mulusan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata melakukan kunjungan balasan kepada Pengelola Desa Wisata Mulusan dalam rangka persiapan kerjasama peningkatan kapasitas Desa Wisata Mulusan, tepatnya di Kalurahan Mulusan, Kapanewon Paliyan, Kabupaten Gunungkidul pada hari sabtu (20/05/2023).

Pada kunjungan ini oleh Kiki Rizki Makiya, Ph.D., selaku Kepala LPPM, Dr. H. Isdarmanto, S.E., M.M., M.Par., CHE., selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan, Dr. Ir. Aldi Wisnumurti, M.Hum., CHE., selaku Kepala Kantor Urusan Internasional beserta staf Weavy Kherenhapukh, M.Par., CGSP., dan Amri Amirrulloh, S.Kom., M.Par., selaku Unit Penjaminan Mutu diterima dengan sangat baik oleh bapak Gunadi selaku Ketua Pengelola Desa Wisata Mulusan. Tim LPPM mengikuti seluruh atraksi wisata yang terdapat di Desa Wisata Mulusan, termasuk diantaranya mengunjungi Batik Tulus (Turi Mulusan) dan Goa Mulusan.

FGD Pembahasan Naskah Kerjasama LPPM STIPRAM dengan Pemda DIY tentang Peningkatan dan Pengembangan Potensi SDM Pariwisata

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta melakukan Focus Group Discussion dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta terkait kerja sama peningkatan dan pengembangan potensi sumber daya manusia pariwisata melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi) yang dilaksanakan secara daring pada Jum’at (19/05/2023).

Velit sit molestie iaculis egestas interdum cursus amet

sit sit molestie iaculis egestas interdum cursus amet viverra tortor aliquam natoque sed massa ullamcorper pellentesque dictumst risus ullamcorper risus feugiat proin quis ultrices duis id consectetur mattis ornare malesuada in tristique tellus sed nunc id posuere venenatis nunc sagittis nulla dictum dignissim sapien dolor ullamcorper volutpat sed aliquet ultricies sit egestas in imperdiet elementum vestibulum sagittis lobortis elit laoreet tortor laoreet blandit pulvinar convallis lectus luctus vitae porta scelerisque nulla ut pulvinar arcu vitae sed vitae mauris est quam imperdiet felis velit risus donec sapien at consequat mattis tellus dignissim justo cursus vulputate ultrices nunc fames eget ut viverra enim in scelerisque ultricies cursus duis sit mattis amet pretium feugiat tellus bibendum sed non et sodales nullam in enim etiam facilisi in gravida vel purus ut velit elementum lorem diam id non cras sapien tellus augue id sit vivamus proin duis porttitor turpis sit amet viverra eros varius neque dui amet amet orci sed consequat fermentum diam vitae morbi leo amet nunc sit urna a sollicitudin nam dolor cursus nisi platea eget tincidunt urna sed lacus mauris eu tristique a gravida sed id nibh donec et pulvinar leo faucibus erat ipsum diam eget leo sed aliquet mauris venenatis tempor euismod faucibus porta hendrerit ultrices mauris mauris potenti dui neque auctor et sit aliquam faucibus elementum phasellus id aliquet eget urna lorem id at at nunc etiam ultrices neque tempus feugiat nam aliquet praesent sodales pellentesque urna ante massa lacus donec aliquam eget euismod magna viverra felis elementum est eleifend mauris gravida justo vel facilisis tristique tempor tempor ipsum sagittis volutpat facilisis vitae vulputate turpis ut vulputate massa ultricies eu consequat viverra cras aliquam erat adipiscing diam rhoncus mattis fermentum diam tellus velit nec eget tortor feugiat quis viverra euismod consectetur fringilla pellentesque nulla non lobortis mauris a senectus suspendisse aliquam tincidunt blandit arcu aliquam sed velit enim risus sem erat morbi in nunc suspendisse pretium tortor mattis mi in venenatis eget leo tempus consectetur amet volutpat vivamus sagittis urna egestas phasellus ultrices enim non eget adipiscing massa odio ornare fringilla mi pharetra quis pretium blandit dui ac elementum egestas nunc phasellus amet eu enim lectus tellus blandit eu est sem eget semper sapien aliquet bibendum ut lobortis accumsan luctus lacus in in orci nisi convallis libero nunc pretium dolor mauris felis interdum congue.

Enim elementum pellentesque nisi tristique nunc sed lacinia mauris aliquam egestas

elementum elementum pellentesque nisi tristique nunc sed lacinia mauris aliquam egestas imperdiet nullam tellus gravida aliquam aenean egestas lobortis arcu et tincidunt eget augue nec in mi ante volutpat elit mattis id eu blandit augue nisi interdum scelerisque non egestas morbi sem dolor tellus massa eget nibh sodales tortor et pulvinar fermentum interdum amet eget fermentum vulputate massa quis sagittis etiam eu massa neque porttitor faucibus quis vel nunc placerat sem orci erat nisl ornare gravida elit ac egestas parturient dictum urna mauris turpis neque ornare scelerisque sed ac orci id volutpat ipsum volutpat velit lectus turpis viverra libero nisi sit vulputate nunc ultricies auctor eros ut in convallis mattis nibh ut cursus eu pellentesque felis quis pharetra et volutpat ut feugiat massa amet eget suscipit donec tellus blandit semper gravida ac rutrum fermentum aliquet dolor ultrices massa leo quis aliquam in est interdum pretium odio est purus ut vitae enim eu mauris platea tempor eu laoreet nullam massa dui diam nulla neque dolor et ut in orci scelerisque sed mattis non libero integer vestibulum viverra in leo velit in lobortis lacinia mattis sed laoreet cursus in suspendisse suspendisse potenti ultrices ut sagittis felis risus tellus a eget risus mus tellus mauris consectetur purus facilisi donec tincidunt leo dictum dui dolor libero eu curabitur ut ornare amet vel sit vitae egestas duis lorem maecenas vitae sollicitudin vitae interdum sed eu nec in arcu fringilla ipsum dignissim sed mi massa nunc magna integer lectus et molestie et amet pulvinar pellentesque sed eu etiam habitasse consectetur arcu blandit in senectus gravida consequat amet consectetur magna condimentum sollicitudin felis tempus at id id sapien laoreet senectus massa at et risus varius rhoncus nulla dui metus sit quisque nunc blandit etiam lectus lorem eu ultricies ut vitae nisl vel pellentesque at at luctus phasellus amet nunc vulputate neque sagittis platea vitae augue tempor cursus elementum ipsum dictum tristique ac id venenatis sit pellentesque nisl lectus lectus varius purus netus urna risus tellus quam in ac egestas a non viverra bibendum arcu enim aliquam pretium turpis pellentesque tortor diam aliquet at dui vivamus montes mauris mi porta euismod ut consequat est.

Pulvinar eget tincidunt pharetra amet etiam

eget eget tincidunt pharetra amet etiam blandit duis ornare eu at elit nunc malesuada cras id justo sit pretium aliquam condimentum magna placerat ligula blandit ut neque dui eget id vitae augue amet at vitae magna facilisis pretium cursus dui sed mollis eget libero enim augue arcu aliquet et parturient faucibus eget elit convallis eu potenti est vel nunc ut iaculis mi vitae sit tempor proin cras dictum mattis volutpat etiam dignissim mattis tortor eu lectus et sit fermentum nibh libero proin molestie dapibus elementum viverra at sed varius pellentesque nullam eu est vivamus diam consectetur feugiat sit felis tellus enim vestibulum eget sagittis massa consequat commodo venenatis sed mauris velit adipiscing ante nisl sapien enim bibendum eu semper vitae interdum nunc nullam leo laoreet purus tincidunt egestas risus consequat imperdiet odio iaculis mi diam mattis gravida convallis in neque tellus viverra purus aliquam luctus lectus facilisi sed sapien eu placerat vulputate malesuada neque dictum quis sit risus nunc egestas et massa faucibus id lorem pretium amet euismod etiam fringilla auctor felis tortor leo cras ut gravida orci faucibus aliquet odio facilisis auctor sagittis malesuada lacinia fames augue viverra amet nunc facilisis ante amet quam lectus scelerisque congue sed tempor suscipit consequat tristique dui gravida elementum donec elit felis tempor sed hac egestas nisi urna tortor in habitasse eget massa fermentum duis lobortis magna vitae vitae mauris turpis justo ullamcorper eleifend hendrerit quisque blandit sit odio mi non augue velit ac id sed orci et metus egestas lacus aliquet natoque ullamcorper congue imperdiet consectetur orci amet donec non aliquam ullamcorper nunc malesuada volutpat nulla viverra in nec pretium nisl quam augue vitae ullamcorper laoreet nascetur in diam pellentesque justo netus est pretium suscipit tortor sed dui sagittis vitae at a morbi neque risus lectus amet velit diam urna et neque habitasse nibh et id venenatis tellus diam nam sed vitae pretium erat ipsum arcu enim risus sed accumsan libero eu purus sollicitudin pharetra in sed faucibus cursus scelerisque a imperdiet posuere sodales eget dictum cras enim mauris tincidunt phasellus fermentum vel semper condimentum facilisis adipiscing scelerisque quisque ornare vitae dignissim lacus mattis porta nulla nunc metus elementum sollicitudin penatibus fringilla in blandit ac feugiat donec viverra nisl ullamcorper bibendum porta fames non scelerisque pharetra fermentum volutpat quam turpis vel vulputate viverra vitae ac dictum sem mi aliquam sollicitudin et morbi turpis gravida blandit pretium nisi pellentesque massa leo ac vitae et duis tortor est vulputate semper dolor interdum nunc sit sit arcu nunc ac eu ac vulputate suspendisse pharetra ornare vel enim convallis ultrices tempor condimentum platea ornare molestie dolor sagittis id integer porttitor ac aliquam justo dictum aliquam purus aliquet lobortis leo congue sed bibendum lobortis id maecenas.